Harga komoditas pertanian tinggi di konsumen

Harga Komoditas Pertanian di Tingkat Konsumen Tinggi, Ini Saran Mentan

Rabu, 27 Januari 2016 | 15:32 WIB

Harga gabah

JAKARTA, KOMPAS.com – Harga komoditas di level konsumen beberapa waktu lalu sempat meroket. Disinyalir, kenaikan harga itu disebabkan oleh supply chain yang terlalu panjang.

Menteri Pertanian, Amran Sulaiman mengatakan pihaknya berencana berkoordinasi dengan Kementrian Perdagangan dan Bulog untuk memangkas supply chain ini.

“Kami kordinasi dengan Kementrian Perdagangan dan Bulog supaya suply chain semua komoditas harus dipotong,” ujar Amran di kantor Ditjen Hortikultura, Jakarta Rabu (27/1/2016).

Menurut dia, selama ini ada 8 titik yang harus disinggahi oleh komoditas agar bisa sampai ke tangan konsumen. Pihaknya berencana untuk memangkas rantai pasokan tersebut hingga 50 persen menjadi 3-4 titik saja.

“Strategi pemerintah adalah nanti dari petani langsung dibeli oleh Bulog atau dari Kementrian Pertanian langsung beli. Dari yang delapan titik jadi hanya 3 sampai 4 titik,” ujar dia.

“Sekarang dari petani langsung dibeli Bulog, dari Bulog ke pasar, kemudian ke konsumen,” ujar dia.

Dengan membentuk struktur pasar baru ini, diharapkan bisa mengangkat harga di tingkat petani. Akan tetapi secara bersamaan akan menekan harga di tingkat konsumen pula.

Sebelumnya, seperti yang diberitakan beberapa harga komoditas seperti daging sapi dan bawang sempat meroket di level konsumen sangat jauh jika dibandingkan dengan di level petani. Hal ini ditenggarai karena supply chain di Indonesia yang terlalu panjang.

Penulis : Ramanda Jahansyahtono
Editor : Bambang Priyo Jatmiko

http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2016/01/27/153236726/Harga.Komoditas.Pertanian.di.Tingkat.Konsumen.Tinggi.Ini.Saran.Mentan

http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2015/05/13/110627926/Harga.Gabah.Anjlok.Harga.Beras.Melejit.Petani.Menjerit.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s