Sustainabilitas Prestasi Poltekom

Enam tahun lalu, ketika Pemerintah Kota Malang memutuskan bekerja sama dengan Direktorat Perguruan Tinggi untuk mendirikan Poltekom (Politeknik Kota Malang) bagi pendidikan generasi muda di kota Malang, kemudian diperkuat dengan SK Mendiknas no 104/D/O/2008, tentunya bukan sekejap mata lalu terbentuk Poltekom dengan prestasi seperti sekarang ini.

 

Dalam pertumbuhannya, Poltekom telah mencapai beberapa keunggulan.

  1. Menyekolahkan dosen mudanya di jenjang Magister, ke Australia (1 orang), UI & Perancis (3 orang), kesemuanya sudah lulus. Yang sedang dalam proses : dosen yang melanjutkan program magister, kuliah sendiri ke ITB (2 orang, sekarang sudah lulus), ITS program BPPS (1 orang), UB (3 orang, 2 di antaranya dengan biaya sendiri). Sedangkan yang melanjutkan program Magister dengan beasiswa Dikti (2 orang) ke Newcastle UK.
  2. Memperoleh predikat kampus politeknik unggulan tahun 2013 dari Kopertis VII – wilayah Jawatimur.
  3. Bekerjasama dengan pihak industri, baik berbentuk penyaluran beasiswa, magang, maupun penampungan lulusan Diploma III.
  4. 150 lulusan yang mempunyai kompetensi di tingkat Diploma III, yang diakui oleh ITB, khususnya di bidang teknik Mekatronika, teknik Alat Berat, teknik Telekomunikasi dan teknik Informatika dan telah terserap dengan baik dan nyata di dunia kerja
  5. Mendorong 4 (empat) lulusan Diploma III dengan membentuk perusahaan sendiri di bidang software house bagi kebutuhan masyarakat kota Malang, maupun masyarakat industri di Kalimantan, dengan catatan mereka pernah dikirim perusahaan untuk magang di Malaysia.
  6. Telah mengikuti program swakelola selama 5 tahun berturut-turut dalam Program Hibah Kerjasama Pemda – Dikti, yang dibimbing oleh SP -4 Dikti untuk peningkatan kompetensi dosen, maupun untuk peningkatan kemampuan penelitian dan peningkatan pengabdian kepada masyarakat, serta telah terlatih menjadi asesor Telematika dan berpengalaman menuliskan buku teks untuk referensi kuliah.
  7. Telah melakukan program penelitian mandiri dalam program Dikti dan pengabdian pada masyarakat, terutama bagi masyarakat sekitar kampus, dan peningkatan literasi komputansi bagi guru-guru Sekolah Dasar sekitar kampus 2012 – 2013.
  8. Menyelenggarakan pendidikan Diploma I gratis bagi guru-guru PTT dan masyarakat kota Malang sekitar kampus dengan peserta 250 mahasiswa.
  9. Menyelenggarakan pendidikan berbasis komunitas bekerjasama dengan PKK Kota Malang dan Koperasi SBW 2011-2012, dengan peserta 150 orang.
  10. SP-4 Dikti dan Republic Polytechnic Singapore mempercayakan penerapan metoda pengajaran baru : Problem Based Learning untuk politeknik ke Poltekom

Alangkah sayang jika keputusan sesaat dengan didasarkan pada data terbatas, akan mematikan pertumbuhan dan pencapaian yang telah dicapai oleh Poltekom selama ini.

Sustainabilitas atau keberlanjutan program yang sudah dirintis dan yang sudah dicapai Poltekom sebagai tempat pendidikan Diploma III, sangat penting untuk ikut berkontribusi meningkatkan kompetensi generasi muda di setiap angkatannya di kota Malang dan sekitarnya, terutama dengan spesialisasi pendidikan fokus pada jatidiri politeknik dengan 70% praktek serta terakreditasi oleh Dikti / Kopertis.

Apalagi saat ini cukup banyak generasi muda yang kurang memperoleh tempat pendidikan yang tepat bagi masa depannya. Kehadiran Poltekom sebagai tempat pendidikan generasi muda, akan menjadi solusi tepat, karena biaya pendidikannya terjangkau, fasilitas lengkap, serta diasuh oleh para dosen magister lulusan perguruan tinggi dari dalam dan luar negeri.

Dulu dengan beberapa kalimat keputusan strategis untuk mendirikan Politeknik Kota Malang memang memerlukan banyak upaya, dana dan waktu untuk mewujudkannya. Berlembar-lembar dokumen mengikutinya.

Ketika kemudian sekarang ada keinginan yang tertuang dalam beberapa kalimat untuk mengubahnya menjadi bentuk pendidikan yang lainnya, berapa lama lagi, dan berapa banyak lagi upaya untuk mewujudkannya ? Dan akan sia-siakah upaya, dana dan waktu selama enam tahun ini ? Bagaimana mempertanggungjawabkannya kepada rakyat kota Malang ?

Semoga sustainabilitas Poltekom menjadi barokah bagi kota Malang khususnya, dan Indonesia pada umumnya.

referensi :
1. informatika poltekom
2. poltekom

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s