Sandy Sisakan Kehancuran

WASHINGTON DC, KOMPAS.com — Presiden Amerika Serikat Barack Obama mengumumkan kehancuran hebat terjadi di Negara Bagian New York, setelah badai Sandy menghantam pesisir timur AS yang menyebabkan banjir, serta mengakibatkan jutaan warga hidup tanpa listrik dan sejauh ini menewaskan 27 orang.

Departemen Energi AS mengatakan sedikitnya delapan juta rumah dan pusat-pusat bisnis tak mendapatkan pasokan listrik. Secara total, 50 juta orang terkena dampak badai ini dan sekitar satu juta orang diminta meninggalkan kediaman mereka.


Dampak badai Sandy terlihat pada gelombang besar di Danau Michigan, Chicago yang jaraknya cukup jauh dari pesisir timur AS.

Di New York, gelombang air laut setinggi 4 meter membuat sebagian besar sistem kereta api bawah tanah New York, terendam air laut. Di sisi lain kota, sebuah pusat pembangkit listrik meledak, sebuah rumah sakit dievakuasi, dan kebakaran menghanguskan 50 rumah.

Wali Kota New York Michael Bloomberg mengatakan, sejauh ini dilaporkan 10 warga kota itu meninggal dunia dan jumlah korban tewas dikhawatirkan masih bisa bertambah.

“Listrik masih akan mati untuk dua atau tiga hari ke depan. Alasan transportasi publik belum beroperasi hingga pemberitahuan lebih lanjut dan sekolah belum akan dibuka,” kata Bloomberg.

Selain itu, Bloomberg menambahkan, semua bandar udara utama kota itu ditutup karena landasan pacunya terendam banjir.

Sementara itu, di New Jersey, Gubernur Chris Christie mengatakan 2,4 juta kepala keluarga di negara bagian itu terkena dampak badai. Angka ini lebih banyak dua kali lipat saat badai Irene menghantam pada Agustus 2011.

“Kehancuran ini di luar perkiraan saya,” kata Gubernur Christie dalam sebuah jumpa pers.

Gelombang tinggi air laut, lanjut Christie, meninggalkan tumpukan sampah setinggi 2,25 meter. Gubernur Christie memperkirakan butuh waktu delapan hari untuk membersihkan kota dari sisa-sisa bencana ini.

Kekuatan badai Sandy kini terus berkurang dan kini tengah bergerak ke arah utara, tepatnya menuju Kanada.

Selama sepekan terakhir, badai Sandy sudah mengakibatkan 80 orang tewas, saat melewati kawasan Karibia.

Sumber :BBC kompas
Editor :Ervan Hardoko

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s