listrik berbasis energi terbarukan

PLN dan PIP Kembangkan Proyek Kelistrikan Berbasis EBT
Evy Rachmawati | Agus Mulyadi | Rabu, 16 Mei 2012 | 21:14 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) sepakat untuk menjalin kerja sama dengan Pusat Investasi Pemerintah (PIP), untuk mengembangkan proyek-proyek kelistrikan yang memanfaatkan energi baru dan terbarukan (EBT).

Kesepakatan kerja sama ini tertuang dalam nota kesepahaman yang ditandatangani Kepala PIP, Soritaon Siregar, dan Direktur Utama PLN, Nur Pamudji, di kantor PIP, Rabu (16/5/2012) di Gedung Graha Mandiri, Jakarta.

Nota Kesepahaman ini didasari keinginan PIP, untuk mendukung pembiayaan proyek-proyek pembangkit listrik yang bersumber dari energi terbarukan, seperti mini hidro dan biomassa.

PIP akan mendukung pembiayaan pembangunan proyek pembangkit listrik berbasis energi terbarukan, oleh pengembang swasta (IPP) yang memiliki Kesepakatan Jual Beli Listrik (PPA) dengan PLN.

Hal ini terutama proyek yang potensial untuk didanai dan memiliki manfaat sosial ekonomi signifikan, namun belum memperoleh pendanaan.

Dalam kerja sama ini, nantinya PLN akan melakukan transfer pengetahuan dan pembangunan kapasitas, mengenai hal-hal yang perlu diketahui/dikuasi PIP dalam proses penilaian kelayakan suatu proyek, dan mengelola investasi kelistrikan berbasis energi terbarukan.

Direktur Utama PLN, Nur Pamudji, menyambut baik tekad PIP untuk terjun ke energi baru terbarukan. Bisnis di bidang energi baru terbarukan akan makin marak saat ini dan ke depan.

Tren harga energi baru terbarukan juga terus turun sehingga kian menarik. “Saat ini ada 300 proposal pembangunan Pembangkit Tenaga Mini Hidro masuk ke PLN,” kata Nur Pamudji.

Pihaknya berharap, dengan adanya model kerja sama seperti ini, bisa memberikan iklim usaha lebih positif dan kondusif bagi pengembang swasta, untuk menanamkan investasinya di proyek kelistrikan berbasis EBT.

Hal ini akan mempercepat pengembangan proyek kelistrikan berbasis EBT. Manfaat lain adalah mengurangi ketergantungan PLN pada BBM dalam penyediaan listrik.

sumber info:
PLN.dan.PIP.Kembangkan.Proyek.Kelistrikan.Berbasis.EBT

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s