Gelar Doktor Presiden Dicabut

Saturday, 31 March 2012
BUDAPEST – Universitas Semmelweis di Budapest kemarin mencabut gelar doktor yang disandang Presiden Hongaria Pal Schmitt. Gelar itu dicabut setelah pihak universitas menemukan bahwa sebagian besar tesisnya adalah hasil plagiarisme.

Pencabutan itu adalah buntut dari penyidikan yang digelar selama beberapa bulan setelah adanya laporan bahwa Schmitt melakukan aksi plagiarisme dalam tesisnya muncul di portal berita hvg.hu. Rektor universitas itu mengecam aksi itu sebagai pelanggaran norma-norma ilmiah.

Schmitt, yang perannya lebih seremonial, membantah tuduhan itu dan menolak seruan agar mundur. “Ini adalah keyakinan kami bahwa posisinya saat ini juga berlawanan dengan kepentingan dia,” papar koran sayap kanan Magyar Nemzetdalam editorialnya, seperti dikutip Reuters. “Ini adalah tentang kalah dalam peperangan.

Kehancuran institusi dan runtuhnya kepercayaan di dalam kehidupan publik yang terhormat tidak bisa dihentikan seperti ini.” Mantan juara anggar Olimpiade ini menulis tesisnya pada 1992. BBC melaporkan, sebuah komisi menemukan lebih dari 200 dari 215 halaman tesis itu memperlihatkan “kesamaan” dengan karya lain atau merupakan terjemahan langsung. (alvin)

http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/482063/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s