yang mengubah dunia

ILMU PENGETAHUAN
10 Obyek Ilmiah yang Mengubah Dunia

Sabtu, 27 Juni 2009 | 03:49 WIB

Perjalanan sejarah manusia sudah ada puluhan ribu tahun lalu. Sebagai makhluk berpikir manusia terus- menerus berusaha menyingkap rahasia dunia. Para kurator Science Museum di London baru-baru ini memilih 10 koleksinya yang dinilai punya pengaruh ilmiah terbesar dalam sejarah manusia abad ini.

Kapsul Apollo 11

Empat puluh tahun yang lalu, manusia berhasil mengelilingi dan menjejakkan kakinya di bulan. Kapsul yang diluncurkan dalam pendaratan di bulan oleh Apollo 11 ditempatkan di Science Museum pada Juli mendatang. Misi Apollo tidak hanya menunjukkan kemajuan teknologi ruang angkasa, tetapi juga telah menginspirasi orang tentang upaya mengetahui jagat raya ini.

Mesin atmosfer

Mesin atmosfer ditemukan oleh Thomas Newcomen pada tahun 1712. Model ini lalu dibangun oleh Francis Thompson di Derbyshire, Inggris, pada tahun 1791. Mesin atmosfer mengatasi krisis energi yang disebut-sebut mengawali Revolusi Industri. Temuan ini membuka cadangan batu bara yang tidak terjangkau dengan memompa air dari tambang di dalam tanah. Walaupun secara teknik masih dapat dibantah sebagai penanda era industri, temuan ini juga menandai dimulainya ketergantungan manusia pada bahan bakar fosil.

Telegraf listrik

Charles Wheatstone dan William Cooke mematenkan peralatan telekom. Alat ini menjadi alat komunikasi elektrik paling sukses pada 1837. Telegraf itu merupakan penggunaan listrik secara praktis untuk komunikasi jarak jauh dan merupakan jaringan komunikasi publik yang pertama. Jaringan itu lalu berkembang kekuatannya, kapasitasnya, dan menjadi temuan penting.

Model T Ford

Melalui rintisan ide baru tentang produksi massa, perusahaan motor Ford membawa motoring untuk meraih pasar baru yang besar. Ketika itu berkembang istilah ”Fordisme” yang menjadi metafor untuk produksi skala besar. Filosofi ini berlaku hingga sekarang di dunia bisnis.

Komputer ACE

Salah satu pemanfaatan umum dari komputer elektronik pertama adalah Pilot ACE yang programnya mulai dijalankan pada 10 Mei 1950. Pada saat itu, komputer ini merupakan komputer yang tercepat di dunia.

Desain komputer tersebut merupakan versi yang lebih kecil daripada desain komputer pendahulunya Alan Turing.

ACE dipilih karena ini merupakan komputer generasi pertama yang mirip dengan mesin komputer yang ada di sekitar kita sekarang.

Mesin roket V2

Meskipun kalah dalam Perang Dunia Kedua, mesin V2 yang ditemukan tahun 1942 membentuk dunia untuk dekade-dekade mendatang. Pencipta V2, Wernher von Braun, pindah ke AS setelah PD II. Ia bekerja pada program missile balistik antarbenua. Ia lalu bekerja pada NASA, menjadi otak di belakang penciptaan roket Saturn V yang kemudian digunakan untuk membawa Apollo 11 ke bulan pada 1969.

Penisilin

Spora jamur yang menutupi jendela-jendela di kota London telah menginspirasi Alexander Fleming untuk melakukan penelitian yang membawanya pada penemuan antibiotika pertama pada 1928. Menjelang pertengahan 1940-an, penelitian di Inggris dan AS menuntun pada pemberian penisilin pada pasien. Penemuan itu telah membawa pada penemuan-penemuan lain yang membuat ancaman infeksi bakteri tidak lagi terlalu mengancam hidup kita seperti pada zaman sebelumnya.

DNA ”double helix”

Model konstruksi DNA pertama ini mengandung beberapa bagian orisinal yang digunakan oleh Crick dan Watson pada 1953. Terobosan penemuan model DNA ini memungkinkan manusia memahami bagaimana organisme mendistribusi sifat- sifat menurunnya dan bagaimana pengaturan kerja sel. Struktur yang telah dikenal luas saat ini masih menjadi jantung pencapaian ilmiah terbesar yang menuntun perkembangan bioteknologi hingga praktik yang bermanfaat di dunia kriminal.

Mesin sinar X

Penemuan sinar X oleh ahli fisika Jerman, Wilhelm Röntgen, pada 1895, menuntun manusia sampai pada pembuatan alat diagnostik yang sangat baru bagi para dokter. Perangkat sinar X lalu dibuat oleh Russel Reynolds sebulan setelah Röntgen membuat terobosan.

Teknologi ini adalah teknologi yang tertua di dunia yang mampu untuk melakukan perekaman bagian dalam tubuh manusia tanpa menggunakan pisau bedah.

Roket Stephenson

Dengan memecahkan rekor kecepatan untuk memenangkan uji coba roket di Rainhill pada tahun 1829 di Manchester, Inggris, penemuan ini lalu berkembang menjadi penemuan mesin bergerak (mobile power). Mesin bergerak lalu menggantikan mesin yang dihidupkan dengan ditarik tali.

Prinsip desain dasar ini menjadi standar yang membawa manusia dan barang mengelilingi dunia 150 tahun kemudian. Penemuan ini juga mengubah sejarah. Lokomotif yang dinamai Lucky telah membuktikan kemampuan roket hasil penemuan awal tersebut. (NEWSCIENTIST.COM/YUN/ISW)

sumber:
http://cetak.kompas.com/read/xml/2009/06/27/03493868/10.obyek.ilmiah.yang.mengubah.dunia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s