Krisis ?? Siapa bilang ….

Mungkin orang-orang kaya kita lebih kasihan kepada nasib toko-toko kelontong di Singapura, daripada memikirkan pengangguran dan kelaparan di negeri sendiri…

Orang Indonesia yang Belanja ke Singapura Tetap Banyak
Senin, 19 Januari 2009 | 06:38 WIB

JAKARTA, SENIN – Pelancong asal Indonesia yang menghabiskan akhir pekan di Singapura diantaranya dengan berbelanja dan menghabiskan waktunya di tempat wisata tak berkurang. Krisis finansial global rupanya belum berpengaruh.

Orchad Road, salah satu pusat perbelanjaan yang selama ini menjadi tempat favorit pelancong asal Indonesia berbelanja, sampai saat ini ternyata tetap banyak diminati.

Chin Siew Shiew, pedagang eceran di Orchad Road, mengatakan mereka yang berbelanja terutama di tokonya dan beberapa toko lainnya didekatnya 65 persen diantaranya berasal dari Indonesia. “Sebanyak 25 persen lainnya dari Filipina, dan lainnya campur-campur asalnya,” kata Chin peritel yang terletak di Lucky Plaza ini.

Dia mengatakan akhir pekan, Jumat sampai Minggu, merupakan waktu yang paling beruntung bagi para pedagang di sekitar tempat tersebut. Pasalnya itu waktu terbanyak, pelancong asal Indonesia yang masuk Singapura. “Orang Indonesia paling suka beli suvenir. Terutama yang bertuliskan Singapura. Ada baju, gantungan kunci, dan sebagainya,” katanya.

Chin optimistis krisis tak akan menyurutkan niat orang Indonesia melancong di Singapura, terutama membeli ole-ole di tokonya itu. Tak heran dia hendak melebarkan tokonya dua bulan mendatang.

Seorang Pemandu Wisata asal Melayu mengatakan jumlah pelancong dari Indonesia sepertinya tetap sama dengan bulan-bulan sebelumnya. Dia mengaku rutin tiap pekan mengantar rombongan asal Indonesia untuk memandu mereka di Singapura.

Pelancong Indonesia memilih Singapura untuk berakhir pekan karena hanya butuh dua jam penerbangan ke negeri tetangga Indonesia itu. Juga cukup banyak warga Singapura yang memilih liburan di Indonesia seperti Bali atau untuk tujuan bisnis. Kebijakan bebas fiskal bagi pemilik NPWP diduga menambah jumlah wisatawan ke Singapura, apalagi banyak maskapai penerbangan ke negara itu sedang promosi tarif.

Tak heran semakin banyak maskapai penerbangan yang membuka rute tujuan Singapura. Terakhir, Maskapai Penerbangan Sriwijaya Air membuka rute baru Jakarta-Singapura (pp) tiap hari.

Direktur Komersial Sriwijaya Air Toto Nursatyo mengatakan kebijakan maskapai membuka rute baru ke luar negeri memang banyak dipertanyakan berbagai pihak. Per November 2008 lalu setidaknya 3.800 penumpang per hari dilayani rute Jakarta-Singapura. Menurut dia dari statistik yang ada rute ini mengalami peningkatan jumlah penumpang tiap tahun. “Pertanyaannya siapa yang akan mendapatkan tambahan penumpang itu,” kata dia.

Hasanuddin Aco, Persda Network
sumber:
kompasCetak

One thought on “Krisis ?? Siapa bilang ….

  1. Ariez

    Biasalah org berduit.. Jgn kan singapura,, ke eropa aj tiap tahun.. Padahal produk dlm negeri dan tempat wisata jg gak kalah dgn made in luar…

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s