paket stimulus

Berikut ini merupakan koleksi artikel tentang paket stimulus yang silakukan pemerintah seluruh dunia, termasuk Indonesia. Semoga menjadi bahan belajar kita bersama untuk nantinya menyikapi hadirnya paket stimulus itu di tengah kehidupan kita.

[1] Ini paket stimulus pada berbagai negara di seluruh dunia
Apakah Indonesia hanya akan andalkan KUR ?
Senin, 08 Desember 08 – oleh : Triharyo (Hengki)

Disaat-saat krisis seperti ini, para pelaku bisnis dan juga tentunya masyarakat mengharapkan para pemimpin bangsanya untuk mengambil berbagai inisiatif, agar pengaruh dari krisis finansial bisa diatasi, ataupun minimal dikurangi dampaknya.

Nampaknya pemerintah Indonesia akan terus mengandalkan program-program Kesejahteraan Rakyat (Kesra) sebagai pendorong dan stimulus untuk mengatasi krisis kali ini. lengkap nya…

[2] Paket Stimulus menurut temuan Triharyo

* Amerika serikat akan menerapkan US $ 1 Trillion stimulus package ditujukan untuk membangun jembatan, jalan raya, sekolah, broadband internet, perawatan kesehatan dan program energi efisiensi.
* China telah meluncurkan US $ 586 Billion stimulus package yang mencakup pembangunan jalan, rel kereta api, lapangan terbang, jaringan listrik, juga program-program jaringan sosial, seperti kepemilikan tanah, program perumahan dan juga kerusakan lingkungan
* Jepang juga baru saja menginisiasi US $ 276 billion stimulus package yang bentuknya memberikan uang cash langsung, pengurangan pajak untuk kredit kepemilikan rumah, memotong biaya jalan toll dan program-program untuk menciptakan pekerjaan
* Itali baru juga mengusulkan US $ 101 Billion stimulus package yang bertujuan untuk membangun infrastruktur, membantu industri perbankan dan juga diperuntukan kepada masyarakat miskin
* Perancis melaksanakan US $ 32.9 Billion stimulus package untuk membantu industri automobile, industri perumahan, mempercepat proyek infrastruktur, dan memberi bantuan dana kepada perusahaan yang menerima pegawai baru.
* Inggris baru saja mengumumkan US $ 30 Billion stimulus package untuk menurunkan VAT (PPN) dari 17.5% ke 15% akan tetapi juga meningkatkan pajak penghasilan bagi orang kaya dari 40% ke 45%
* Jerman telah menyetujui US $ 29 Billion stimulus package untuk mengurangi pajak kendaraan, dan bantuan kredit lunak bagi perusahaan yang sedang mengalami kesulitan
* Taiwan juga baru menyampaikan US $ 14.8 Billion stimulus package untuk pembangunan proyek-proyek infrastruktur
* Peru akan mengeluarkan US $ 13.2 Billion stimulus package untuk membangun perumahan, jalan raya, dan berbagai proyek
* Korea selatan akan membelanjakan US $ 11 Billion stimulus package untuk membangun proyek infrastruktur seperti jalan, sekolah, universitas, rumah sakit, dan juga pengusaha kecil dan menengah akan menerima bantuan.
* Australian juga meluncurkan US $ 6.3 Billion stimulus package dimana 87% dari dana tersebut akan langsung dikirimkan kepada para pensiunan di negara tersebut.
* India mengusulkan US $ 4 Billion stimulus package untuk menurunkan VAT (PPN), proyek infrastruktur, usaha kecil dan menengah serta industri-industri padat karya yang mengutamakan export seperti textile dan kerajinan tangan
* Malaysia akan mengeluarkan US $ 1.9 Billion stimulus package untuk mendorong investasi

sumber1

[3] Stimulus Sulit Diserap Secara Total di 2009
Suhendra – detikFinance : Rabu, 14/01/2009 17:59 WIB

Jakarta – Stimulus yang digelontorkan pemerintah sebesar Rp 27,5 triliun diperkirakan sulit terserap secara penuh pada tahun 2009, sehingga tidak akan mendongkrak pertumbuhan ekonomi hingga 5%.

Terutama dalam stimulus yang terkait dengan proyek pemerintah termasuk infrastruktur karena berdasarkan pengalaman penyerapan APBN selama ini selalu rendah.

Hal ini disampaikan oleh Ekonomi Standard Charter Bank Fauzi Ikhsan di Gedung Graha Niaga, Jakarta, Rabu (14/1/2009).

“Stimulus fiskal tidak semuanya bisa direalisasikan kalau pengalaman sebelumnya daya serap APBN itu selalu lambat. Mengejar 5% sulit, asalkan proyek kita berjalan dengan tepat waktu, tapi karena alasan pemilu bisa saja pemerintah mempercepat proyek,” katanya.

Ikhsan menegaskan yang penting sekarang ini selain program stimulus, pemerintah juga harus bisa merealisakan dengan cepat anggaran belanja infrastruktur seperti jalan tol, pelabuhan dan lain-lain.

Menurutnya jika stimulus bisa direalisasikan dengan tepat waktu pada tahun ini maka target pertumbuhan ekonomi dari 4,5% sampai 5% bisa tertolong.

Dikatakannya pengalaman beberapa tahun terakhir daya serap APBN dan APBD selalu rendah sehingga bisa berimplikasi juga bagi program stimulus.

“Pembangunan infrastruktur harus lebih cepat pengalaman sebelumnya, manfaatnya tidak akan dirasakan pada semester satu,” jelasnya.
(hen/qom) detikFinance

One thought on “paket stimulus

  1. rud3m

    Pak Wit. Busyet deh ya… Ternyata segalanya sekarang udah bener-bener kapitalis ya? Fulus diharapkan menjadi “jimat” nan sakti untuk memberikan rangsangan-rangsangan dalam bidang apapun juga sepertinya. Di tempat saya terbukti sangat memerlukan juga “stimulus” itu..😀 Salam.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s