bagi-bagi bonus…

Mungkin anggapan para esekutif itu, dengan memperoleh dana talangan (bailout), maka perusahaan memperoleh tambahan pendapatan tanpa harus memikirkan satu pun produk atau jasa sebagai imbalan. Paling yang dijadikan taruhan adalah ancaman untuk mem-PHK karyawan.

Eksekutif Nikmati Bantuan
Bonus Dibagi-bagi walau Kinerja Perusahaan Buruk
Selasa, 23 Desember 2008 | 00:40 WIB

Washington, Minggu – Para eksekutif perbankan yang mendapatkan dana talangan dari pemerintah atau para pembayar pajak menikmati sebagian dana itu dalam bentuk gaji besar dan bonus. Setidaknya selama tahun 2007, total ada sekitar 1,6 miliar dollar AS dana masuk ke kantong para eksekutif perbankan.

Demikian ditemukan oleh analis dari Associated Press (AP) dan diungkapkan di Washington, Minggu (21/12) waktu setempat. Padahal, dalam kerangka restrukturisasi Program Penyelamatan Aset Bermasalah (Troubled Assets Relief Program), ada satu klausul yang harus ditaati oleh perbankan penerima talangan bahwa mereka harus memangkas bonus dan kompensasi untuk para eksekutifnya.

Segala penghargaan kepada para eksekutif perbankan itu juga diberikan, bahkan, ketika kinerja perbankan sedang buruk. Padahal, mereka telah memohon kepada pemerintah agar membantu mereka. Beberapa bank memang mengurangi bonus dan fasilitas yang biasanya diterima karena keadaan keuangan bank yang memburuk. Akan tetapi, tetap saja perbankan memberikan paket kompensasi jutaan dollar AS kepada para eksekutifnya.

Kompensasi itu terkait juga dengan bonus uang tunai, opsi saham, penggunaan jet dan sopir perusahaan untuk keperluan pribadi, pengamanan rumah, keanggotaan klub olahraga, serta manajemen keuangan profesional. Demikian hasil kajian AP dari dokumen yang diperoleh.

Perlu motivasi

Total dana yang diberikan kepada sekitar 600 eksekutif akan ditanggung dengan menggunakan biaya talangan yang diberikan kepada 53 dari 116 bank yang sudah menerima dana talangan untuk penyehatan keuangan perusahaan. ”Kami diberi tahu bahwa posisi eksekutif amatlah berbeda. Mereka memerlukan uang ekstra agar termotivasi,” ujar Barney Frank, Ketua Komite Jasa Keuangan Senat AS. Dia merupakan pengkritik pemberian hadiah kepada para eksekutif itu.

Sebanyak 116 bank telah menerima bantuan sebesar 188 miliar dollar AS. Rata-rata pembayaran bonus, gaji, dan fasilitas lain untuk para eksekutif puncak sebesar 2,6 juta dollar AS.

Lloyd Blankfein, Presiden dan CEO Goldman Sachs. membawa pulang setidaknya kompensasi sebesar 54 juta dollar, tahun lalu. Secara total, lima eksekutif puncak Goldman membawa pulang sekitar 242 juta dollar AS. Tahun ini, Goldman meniadakan bonus tunai dan bonus saham untuk tujuh eksekutifnya. Mereka akan bekerja berdasarkan gaji pokok sebesar 600.000 dollar AS per tahun. Demikian disampaikan manajemen Goldman.

Di tengah keprihatinan dari para pemegang saham terhadap pembayaran berbagai bonus dan fasilitas eksekutifnya, Goldman mengatakan bahwa pembayaran bonus tahun lalu merupakan hal penting untuk memotivasi para eksekutif. ”Segala upaya dan keputusan mereka sangat penting untuk kelangsungan hidup perusahaan,” kata juru bicara Goldman Sachs, Ed Canaday. Goldman pada 16 Desember 2008 melaporkan kerugian kuartalan pertama sejak go public di tahun 1999.

Walaupun perbankan sudah mengurangi pemberian bonus kepada eksekutifnya, tetap saja mereka menerima sejumlah besar uang yang hanya merupakan mimpi bagi banyak orang. Richard D Fairbank, pimpinan Capital One Financial Corp. mendapatkan kompensasi sebesar 1 juta dollar AS walaupun kinerja perusahaan yang dipimpinnya memburuk.

John A Thain, CEO Merrill Lynch, mengumpulkan bonus terbesar di antara para bos perbankan, sebesar 83 juta dollar AS tahun lalu. Thain yang mantan petinggi Goldman mundur dari Merrill pada Desember 2007 setelah perusahaan itu membukukan kerugian sebesar 7,8 miliar dollar AS. Merrill mendapatkan suntikan dana sebesar 10 miliar dollar AS yang didapatkan dari pembayar pajak. (AP/joe)

sumber:
kompasCetak

One thought on “bagi-bagi bonus…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s