soal ujian CPNS diduga bocor

Banyak cara untuk berbuat curang… terutama dengan mengabaikan kerugian orang lain…

Soal Ujian CPNS di Batubara Diduga Bocor
Kamis, 18 Desember 2008 | 18:27 WIB

MEDAN, KAMIS – Soal ujian seleksi calon pegawai negeri sipil di Kabupaten Batubara diduga bocor. Selain diduga bocor, jumlah soal ujian yang berkurang hingga 1.500 telah mengakibatkan ujian untuk pelamar berijazah sarjana yang sedianya digelar Selasa (16/12) lalu terpaksa diundur Kamis.

Dugaan kebocoran soal ini diungkapkan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Mangasing Mungkur. Menurut dia, tim dari Inspektorat dan BKD Provinsi Sumut telah diturunkan ke Batubara untuk menyelidiki persoalan ini. Dari informasi yang dihimpun tim tersebut, kata Mungkur, soal ujian yang dibuat oleh salah satu lembaga di Uni versitas Indonesia (UI) itu, diserahkan ke panitia seleki calon pegawai negeri sipil (CPNS) Kabupaten Batubara di pelataran parkir Hotel Best Western Medan . Mungkur menuturkan, proses penyerahan soal diwarnai banyak kejanggalan.

Salah satunya, soal ujian diserahkan di dalam beberapa kardus di pelataran parkir Hotel Best Western Medan. Saat itu pihak UI menyerahkan 12 kardus soal. Namun sesampainya panitia ujian di Lubuk Pakam, sekitar 30 kilo meter dari Medan, panitia diberitahu jumlah soal yang diserahkan kurang. Ada 6 kardus soal yang tertinggal di hotel. “Keenam kardus tersebut disusulkan ke Lubuk Pakam. Sesampainya di Lima Puluh (Ibu Kota Kabupaten Batubara), kardus-kardus soal itu disortir dan ternyata jumlahnya kurang hingga 1.500 soal,” ujar Mangasing.

Dia mengakui ada keanehan dalam penyerahan soal dari pihak UI ke panitia seleksi CPNS Kabupaten Batubara. Mengapa soal tersebut diserahkan dalam kardus di sebuah hotel? Mengapa serah terimanya tidak di Bandara Polonia saja kalau soalnya masih dibungkus kardus? “Belum lagi, penyerahan soal ini ternyata tak ada berita acaranya,” kata Mangasing.

Kedatangan tim dari Inspektorat dan BKD Provinsi Sumut kata Mangasing gagal menemui pejabat terkait di Batubara. “Mereka gagal menemui pejabat yang berwenang, sehingga belum didapat data yang lengkap. Sekretaris Daerah serta Kepala BKD Batubara tidak berada di tempat ketika tim datang,” katanya.

Di saat bersamaan Penjabat Bupati Batubara Syaiful Safri justru berada di Jakarta menghadiri acara Sumut Expo. Saat dikonfirmasi Syaiful membantah jika kardus soal diserahkan di hotel. “Soal-soal itu diserahkan di Bandara Polonia dan dikawal polisi dari Polres Asahan. Saya enggak tahu kalau ada soal yang diserahkan di hotel,” katanya.

Menurut Syaiful berkurangnya soal ujian CPNS di Batubara sudah di luar kewenangannya. “Sebagai pejabat yang berwenang saya sudah meminta bawahan saya untuk melaksanakan seleksi CNPS ini sebaik mungkin. Jika kemudian ada kejadian seperti itu (berkurangnya soal), itu sudah di luar kekuasaan saya lagi, katanya. Soal dugaan kebocoran soal, kata Syaiful, itu menjadi wewenang penegak hukum menanganinya. Biarlah polisi dan kejaksaan yang menanganinya. Tangkap saja kalau memang ada yang berbuat salah,” ujarnya.

Keberadaan Syaiful di Jakarta dipersoalkan oleh Asisten Bina Hukum dan Sosial Sekretariat Daerah Provinsi Sumut Rahudman Harahap. Menurut Rahudman, di saat kabupaten yang dipimpinnya sedang bermasalah, tidak semestinya Syaiful ke Jakarta. “Mestinya kan dia harus berada di Batubara menyelesaikan masalah ini,” katanya.

Namun Syaiful mengatakan, kedatangannya ke Jakarta bukan hanya menghadiri acara Sumut Expo. “Saya juga harus mengantar Bupati Batubara ke Jakarta memproses pelantikannya, karena masyarak at Batubara juga sudah mendesak agar segera dilantik,” katanya. BIL

sumber :
kompasDotCom

One thought on “soal ujian CPNS diduga bocor

  1. herdex

    Mana ada maling mau mengaku, jadi lebih baik lempar batu sembunyi tangan.
    Koq gitu sich para pemimpin daerah!

    Masyarakat enggak bodoh

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s