beban retribusi pemda

Tematik : rekening Dephukkam

Beban ekonomi biaya tinggi hendaknya dihilangkan. Seharusnya ini yang diprotes oleh para buruh. Ekonomi biaya tinggi, semakin lama semakin membengkak, dan itu akan mengurangi keuntungan usaha dan hak-hak para buruh.

Pemda Diminta Mengurangi Retribusi
Tekstil : Senin, 1 Desember 2008 | 00:44 WIB

SEMARANG, KOMPAS – Kalangan pengusaha mengharapkan pemerintah daerah mengurangi retribusi serta memperbesar pengembalian tarikan ke sektor usaha. Kebijakan itu diharapkan dapat membantu dunia usaha menghadapi dampak krisis keuangan global.

Ketua Asosiasi Pertekstilan Indonesia Semarang Agung Wahono di Bawen, Kabupaten Semarang, Jawa tengah, Sabtu (29/11), menuturkan, saat ini hampir 80 persen industri tekstil di wilayahnya bermasalah. Imbas dari keadaan itu akan dirasakan masyarakat di lingkungan industri tersebut.

”Saat perusahaan harus mengurangi pekerja, rumah makan di sekitar pabrik terganggu, begitu juga tempat kos dan angkutan pekerja. Belum lagi terhadap kantung-kantung buruh di sekitar pabrik,” katanya.

Di Kabupaten Semarang, dari sekitar 85.000 pekerja, 60-80 persen di antaranya bekerja di industri tekstil dan produk tekstil (TPT). Data Dinas Tenaga Kerja dan Transmirasi Kabupaten Semarang menunjukkan, hingga awal November lebih dari 3.150 pekerja dirumahkan. Puncak pengurangan pekerja diperkirakan terjadi pada kuartal I-2009 saat kontrak pesanan industri garmen mulai habis.

”Efisiensi jumlah pekerja tidak bisa dihindari. Pesanan turun drastis,” kata Executive Vice President PT Apac Inti Corpora Lucas L Prawoto. Dari tujuh unit pemintalan, kini dua sudah berhenti total. Satu lainnya akan dihentikan. Lebih dari 1.000 pekerja dirumahkan dan 500 orang mengalami PHK. Perusahaan berencana mengurangi jumlah pekerja dari 10.200 menjadi 8.500 orang.

Persoalan yang sama dihadapi oleh industri TPT di Jawa Barat. Ketua Asosiasi Pertekstilan Indonesia Jawa Barat Ade Sudradjat mengatakan, selama ini nilai ekspor TPT dari Jabar rata-rata 300 juta dollar AS per bulan. Namun, mulai awal Januari, diperkirakan turun 25 persen menjadi 225 juta dollar AS per bulan.


Contoh retribusi resmi

Dari sekitar 600 perusahaan TPT di Jabar, kata Ade, sekitar 10 persen ekspornya tidak terganggu. ”Perusahaan mereka punya ciri khas, memiliki pelayanan prima, dengan harga yang kompetitif terhadap produk saingan dari China,” kata Ade. Namun, yang lain, rata-rata ordernya menyusut 50-60 persen. (GAL/EKI/GRE)

sumber :
[1] kompasCetak
[2] tarif calo imb
[3] Ijin tempat usaha
[4] ijin insidential
[5] Persyaratan pengoperasian road fund

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s