meteor cantik nampak di Edmonton – Canada

Sebuah bola api berwarna-warni yang terbang di langit Barat Kanada dan membuat saksi saksi mata terpana. Meteor itu nampak seperti lampu miliaran watt.

Meteor menerangi langit Kanada di bagian barat.

Jumat 21 November, (2008) 5:31 ET

Calgary, Alberta (Reuters) – Suatu besar bola api yang terang terbang di atas langit melewati lebih dari dua propinsi Barat Kanada pada Kamis malam. Sepertinya ini merupakan meteor terbesar yang pernah dilihat di langit Kanada tahun ini, kata seorang pakar.

Bola api itu, secara mengejutkan menembus kegelapan langit di Alberta dan Saskatchewan jam 5:30 waktu Calgary, kemungkinan beratnya antara satu sampai sepuluh 10 ton dan kecerahannya cukup dapat dilihat pada area sekitar wilayah yang seluas 700 km (435 mil).

Hal ini diungkap oleh Alan Hildebrand, seorang ilmuwan planetarium di University of Calgary. “Meteor itu sedikit spektakuler. Untuk tahun ini akan menjadi salah satu yang terbesar nampak di Kanada …. Benda ini mempunyai radiasi seperti bola lampu yang berkekuatan miliaran watt. Meteor itu terlihat cantik menerangi langit.”

Kata Hildebrand, meteor itu mungkin telah rusak menjadi ratusan meteorites yang lebih kecil dan kemungkinan mendarat di daerah Saskatchewan tengah, dekat perbatasan dengan provinsi Alberta.

“Bola api menerangi langit selama sekitar lima detik,” katanya.

(Diterjemahkan dari laporan Scott Haggett, serta diedit oleh Rob Wilson)
[1] news.yahoo
[2] youtube

2 thoughts on “meteor cantik nampak di Edmonton – Canada

  1. Mus_

    saya juga posting tentang meteor ini..

    Posting Anda bagus. Anda membandingkannya dengan mitos yang beredar sejak jaman orang tua Anda. Hmmm… menarik.. Hanya blog Anda agak lama untuk diakses.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s