wajibkah lunasi repo ???

Tematik Pengetahuan 3

Berikut ini adalah contoh yang dikemukakan oleh Yanuar Rizky, pengamat pasar modal, tentang lemahnya pengawasan terhadap repo.

Kasus kemudian muncul menjadi beban ketika sebagian besar repo gagal bayar. Repo disebut sebagai gadai saham. Atau bentuk lain dari hutang. Seperti inikah dampaknya jika kepercayaan terhadap debitor (peng-hutang) menjadi turun ?

Hemmmm… bentuk hutang menjadi semakin bermacam-macam….

Bapepam Harus Wajibkan Bakrie Lunasi Repo
Bursa : Rabu, 5 November 2008 | 00:57 WIB

Jakarta, Kompas – Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan atau Bapepam- LK harus mewajibkan manajemen PT Bakrie & Brothers Tbk menebus saham anak usahanya yang digadaikan kepada para investor.

Bapepam-LK memiliki kewenangan melakukan hal itu, selain punya kewajiban melindungi investor dari aksi-aksi korporasi perusahaan terbuka yang sarat dengan tindakan spekulasi.

Hal itu disampaikan pengamat pasar modal Yanuar Rizky, Selasa (4/11) di Jakarta. Ditegaskan, risiko transaksi gadai saham atau repurchase agreement (repo) kelompok usaha Bakrie tidak bisa diserahkan begitu saja kepada investor, khususnya investor minoritas yang daya tawarnya relatif lemah.

Menanggapi pernyataan itu, Ketua Bapepam-LK Fuad Rahmany mengatakan, repo adalah transaksi bisnis antarmasing-masing pihak. Karena itu, pihaknya tidak memiliki kewenangan mendesak Bakrie & Brothers untuk melunasi repo.

Bagaimanapun, kata Yanuar, kasus repo kelompok usaha Bakrie tidak terlepas dari lemahnya pengawasan Bapepam-LK terhadap aktivitas di pasar modal. ”Sebagai otoritas pasar modal, Bapepam harus menunjukkan tanggung jawabnya dan perlindungannya terhadap investor minoritas. Selama ini repo kan tak diatur dengan jelas,” kata Yanuar.

Dalam kurun waktu April-Oktober, Bakrie & Brothers menggadaikan saham empat anak usahanya, yaitu saham Bumi Resources, Bakrie Sumatera Plantations, Energi Mega Persada, dan Bakrie Development. Dari gadai saham itu, BNBR memperoleh lebih dari Rp 14 triliun.

Saat ini, sebagian besar repo itu terancam atau telah gagal bayar. Bambang Mintaryo, pemegang repo Bakrie, menceritakan, sejak Juli ia tidak lagi mendapat bunga atas puluhan miliar dana yang ia investasikan di repo Bakrie.

Sejak awal Oktober, repo itu telah jatuh tempo. Namun, pihak Bakrie tidak kunjung menebusnya. Bambang meminta komitmen kelompok usaha Bakrie untuk menebus repo yang dananya bisa diambil dari hasil penjualan saham Bumi Resources kepada Northstar Pacific sebesar 1,3 miliar dollar AS. (REI)

sumber : bapepam.harus.wajibkan.bakrie.lunasi.repo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s