olimpiade sains nasional naikkan hadiah

Anak muda tidak hanya perlu dibekali untuk menjemput masa depannya. Mereka juga memerlukan ajang uji kemampuan, agar mampu berkompetisi sesuai aturan yang disepakati.

Penghargaan layak diberikan kepada mereka yang berkompetisi dengan modal kompetensi, serta menjalani aturan dengan konsisten.

Event lomba seperti olimpiade sains, diharapkan dapat memacu peningkakan kompetensi, serta mengembangkan budaya MAU DINILAI oleh wasit yang adil.

Olimpiade Sains Nasional Naikkan Hadiah Jadi Rp 1 Miliar
Alfian Banjaransari – detikNews : Senin, 03/11/2008 11:26 WIB

Depok – Sekitar 250 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta se-Jabodetabek mengikuti pembukaan Olimpiade Sains Nasional Perguruan Tinggi se-Indonesia (OSN-PTI) 2008 di Kampus UI Depok. Olimpiade ini menjanjikan hadiah Rp 1 miliar untuk para pemenangnya.

“Hadiah yang tadinya Rp 135 juta ternyata ditingkatkan menjadi Rp 1 miliar lebih. Kita harapkan animo mahasiswa jadi meningkat,” kata Rektor UI Prof Dr Gumilar Sumantri saat memberi sambutan dalam acara yang digelar di Balai Sidang UI, Depok, Jawa Barat, Senin (3/11/2008).

Acara pembukaan ini merupakan bagian dari rangkaian panjang olimpiade yang digelar secara nasional dengan melibatkan 4.223 mahasiswa dari 38 PTN dan 21 PTS di Indonesia. Pembukaan semacam ini digelar secara serentak di seluruh Indonesia. Untuk wilayah Jabodetabek, pembukaan dilangsungkan di Kampus UI Depok.

Tahap awal dari olimpiade ini adalah seleksi daerah yang akan dimulai hari ini secara serentak di seluruh Indonesia. Para peserta yang lolos akan diikutsertakan dalam seleksi pusat yang akan digelar 5-9 Desember 2008. Pengumuman pemenang dilakukan 10 Desember.

“Para pemenang dari olimpiade sains nasional ini akan mewakili Indonesia di kompetisi serupa di tingkat internasional,” jelas Sumantri.

Ada tiga bidang yang diperlombakan dalam olimpiade ini, yaitu fisika, matematika, dan kimia. Para pemenang dalam seleksi pusat akan memperoleh beasiswa dari pemerintah untuk melanjutkan kuliah S2 di perguruan tinggi manapun di dalam negeri. Sedangkan pemenang di tingkat internasional akan memperoleh beasiswa untuk melanjutkan kuliah S2 di perguruan tinggi manapun di seluruh dunia.(sho/iy)

sumber : detikNews
[1] http://www.detiknews.com/read/2008/11/03/112616/1030214/10/olimpiade sains nasional naikkan hadiah jadi rp 1 miliar
[2] olimpiade sains untuk mahasiswa digelar pertama kali di ri

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s