24 Tahun Jadi Guru Gajinya Rp 460.000

Jerih payah tidak dihargai. Yang dihargai hanya orang partai yang dibawa masuk ke dalam departemennya. Nasib guru, dicemburui, dan ditakuti kalau-kalau nanti akan menghabiskan anggaran 20% pendidikan. Berbagai akal bulus ditebar. Termasuk wacana pendidikan gratis, yang ujung-ujungnya akan dijadikan alasan untuk menekan kenaikan gaji guru….

24 Tahun Jadi Guru Gajinya Rp 460.000
KRISTIANTO PURNOMO : Senin, 27 Oktober 2008 | 12:00 WIB

NGANJUK, SENIN — Apalah arti pengabdian jika jerih payah tidak dihargai. Bagi sebagian orang, pengabdian akhirnya hanyalah penderitaan. Setidaknya itulah yang dirasakan Kajianto, koordinator aksi ribuan guru tidak tetap (GTT)dan pegawai tidak tetap (PTT) Pemerintah Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur.

“Saya sudah 24 tahun mengajar, gaji saya sekarang Rp 460.000. Gaji itu baru naik pada 2008 ini. Sebelumnya, gaji saya hanya Rp 200.000,” katanya di tengah-tengah aksi guru, Senin (27/10).

Kajianto bersama ribuan rekan seprofesinya hari ini menggelar unjuk rasa. Mereka mengepung Kantor Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, menuntut agar nama mereka dimasukkan dalam database pegawai Pemerintah Kabupaten Nganjuk. Umumnya, para guru dan pegawai tidak tetap itu telah bekerja antara 5 dan 24 tahun.

“Kami resah setelah pemerintah membuka pendaftaran calon pengawai negeri sipil dari umum. Mengapa bukan kami yang diakomodasi?” katanya.

Masuknya nama dalam database pemerintah kabupaten adalah langkah awal untuk menjadi pegawai negeri. Status sebagai pegawai negara adalah impian dari semua GTT dan PTT yang berunjuk rasa hari ini.

Kajianto mencurigai ada permainan dalam penentuan status ini. “Ada beberapa guru yang baru mengajar 2-3 tahun sudah masuk database, sedangkan kami tidak masuk database,” ujarnya.

Faiq Nuraini

sumber: gaji-guru

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s