awas… keliru jadi penggelembungan

Tematik pengetahuan : Ekonomi Makro : Krisis Finansial

Keinginan untuk menaikkan nilai saham setelah anjlok, sah-sah saja.

Asal jangan lupa, anjloknya nilai saham baru-baru ini karena kemungkinan nilainya selama ini terlalu banyak digelembungkan.

Adakah kita sudah bisa belajar dari apa yang nyata-nyata kita alami ?

Bapepam Kaji Pembebasan Auto Rejection Batas Atas
Angga Aliya ZRF – detikFinance : Selasa, 14/10/2008 15:27 WIB

Jakarta – Otoritas bursa akan mengkaji permintaan Menneg BUMN Sofyan Djalil mengenai penghapusan auto rejection batas atas 10 persen.

Hal tersebut disampaikan Ketua Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) Fuad Rahmany di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (14/10/2008).

“Yang diminta menteri itu masuk akal dan perlu dipertimbangkan dalam situasi pasar yang dinamis seperti saat ini tapi ada yang perlu dipikirkan kembali soalnya nanti kemungkinan terjadinya komplikasi dan pengaruh ke settlement,” ujarnya.

Menurut Fuad, aturan auto rejection itu tidak diatur dalam undang-undang. Aturan auto rejection hanya aturan pasarnya saja. “Hari ini BEI sedang mengkaji permintaan dari Pak menteri, walaupun nanti perubahan tetap atas dan bawah harus sama,” ujarnya.

Hari ini, otoritas bursa tidak akan mengubah aturan auto rejection perdagangan untuk saham yang mengalami penurunan sebesar 10 persen maupun sebaliknya.

“(Perubahan aturan) itu kita lihat besok saja, hari ini kita biarkan seperti ini, auto rejection itu dilakukan sebagai penyeimbang lonjakan ke atas dan bawah harus sama, nantinya akan kita pikirkan apakah naiknya 10, 12 atau 15 persen, mungkin 15 persen cukup baik,” ujarnya.(ddn/ir)

detikfinance1

Pesta di bursa saham belum usai. Bursa-bursa Eropa kembali mencatat penguatan signifikan, melanjutkan rally yang dicetak pada perdagangan kemarin.

Pada perdagangan Selasa (14/10/2008), bursa-bursa Eropa dibuka masih spektakuler, mengikuti penguatan bursa-bursa Asia sebelumnya. Indeks CAC 40 naik tajam 149,86 poin (4,24%) ke level 3.681,36 poin, setelah kemarin mencetak kenaikan hingga 11,18%.

Indeks FTSE 100 di London juga menguat 4,65% ke level 4.454,82 di awal perdagangan, setelah kemarin mencetak kenaikan hingga 8,26%. Sementara DAX Frankfurt naik 1,44% di awal perdagangan, setelah kemarin meloncat hingga 11,40%.

Penguatan bursa-bursa Eropa terjadi setelah kemarin Wall Street mencatat kenaikan terbesar sejak ‘Great Depression’. Indeks Dow Jones ditutup menguat tajam hingga 936,42 poin (11,08%) ke level 9.387,61, sekaligus memecahkan kemelorotan tajam dalam 8 hari terakhir perdagangan.

detikfinance2

Menneg BUMN Sofyan Djalil meminta otoritas Bursa Efek Indonesia untuk menghapus aturan auto rejection batas atas sebesar 10 persen.

Hal tersebut disampaikan Menneg BUMN Sofyan Djalil sebelum mengikuti rapat dengan Komisi XI DPR, di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (14/10/2008).

“Saya sudah berkomunikasi dengan Pak Erry (Dirut BEI) agar batas maksimal auto rejection bisa dihilangkan karena ini situasinya kondisional,” ujarnya.

Saat ini 15 saham BUMN sudah terkena auto rejection karena sudah mengalami kenaikan harga lebih dari 10 persen.

“Hal ini tentunya menghambat karena kenaikan harga sahamnya, kita butuh harga yang bagus untuk meyakinkan pasar, saham-saham BUMN ini masih berpotensi untuk naik,” ujarnya.

Tak mau rugi, Sofyan Djalil meminta BEI tetap mempertahankan auto rejection 10 persen batas bawah, yakni penolakan untuk saham yang mengalami penurunan 10 persen.

Menurut Sofyan, naiknya indeks saat ini terjadi karena investor ramai-ramai membeli saham.(ddn/ir)

detikfinance3
detikfinance4
detikfinance5

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s