menanggung perilaku boros kapitalis

Tematik pengetahuan : greedy
”Pemerintah dan rakyat AS sama-sama boros. Keuangan Pemerintah AS dibiarkan defisit tinggi karena harus membiayai perang dan program jaring pengaman sosialnya, sementara perilaku rakyatnya besar pasak daripada tiang,” ujar MenKeu, Sri Mulyani.

China, misalnya, memegang obligasi senilai 260 miliar dollar AS yang diterbitkan Fannie Mae dan Freddy Mac. Itu belum termasuk obligasi yang dibeli oleh perusahaan di Taiwan, Jepang, dan negara lain di Asia.

Meskipun neraca keuangan Pemerintah AS dan rakyatnya terus defisit, tetapi banyak negara di dunia yang mendanai defisit itu. Ini dibuktikan dengan tingginya penjualan obligasi dari pemerintah dan perusahaan AS, terutama yang diserap oleh negara seperti China, Jepang, Korea Selatan, Uni Eropa, dan negara-negara penghasil minyak di Timur Tengah.

Negara-negara itu telah mendanai banyak perusahaan di AS. Maka, ketika banyak perusahaan di AS nyaris bangkrut, negara-negara yang mendanainya juga terancam ambruk. Banyak negara yang akan terkena dampaknya jika Fannie Mae dan Freddy Mac runtuh.

Contohnya, kasus dua perusahaan penyedia kredit pemilikan rumah (KPR) terbesar di AS, Fannie Mae dan Freddy Mac, yang terus merugi akibat krisis penyaluran kredit bermasalah sektor properti (subprime mortgage) mulai pertengahan 2007.

dunia menanggung perilaku boros

Komentar:
1. Kira-kira, ada apa nggak, yah, dana yang berasal dari Indonesia, yang digunakan untuk mendanai defisit dan pemborosan negara dan rakyat USA ?

2. Kalau sudah begini, apakah kita masih bermimpi dapet utangan dari negeri-negeri nyaris ambruk ? Emangnya masih kebagian duitnya ?

3. Apakah buruh, guru dan petani kita yang makin miskin itu juga menanggung perilaku boros para kapitalis kita, yang mendanai pemborosan negara dan rakyat USA ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s