budidaya padi organik

Beras Organik (organic rice)

Budidaya padi organik oleh ABG menggunakan teknik bertani System of Rice Intesification disingkat SRI. Selain alami dan ramah lingkungan (organik), metoda tersebut telah terbukti mampu meningkatkan produktifitas padi. Dengan memberdayakan petani lokal, sistem irigasi yang baik, dan “pabrik” kompos di lokasi, membuat ABG mampu menjalankan proses produksi dengan baik. Produk yang dihasilkan adalah Beras Organik (organic rice).

Jenis Produk
Produk beras organik (organic rice) yang dihasilkan ABG ada beberapa varietas, yaitu pandan wangi, beras merah, beras merah putih, dan lain-lain. Masing-masing varietas tersebut mempunyai keunggulan yang unik.

1. Beras Merah
Beras organik (organic rice) jenis beras merah adalah beras yang kaya serat dan minyak alami, yang mencegah berbagai penyakit saluran pencernaan dan dapat meningkatkan perkembangan otak dan menurunkan kolesterol darah. Disamping itu beras merah pun lebih unggul dalam hal kandungan vitamin dan mineral daripada beras putih. Beras merah mengandung tiamin (vitamin BI) yang diperlukan untuk mencegah beri-beri pada bayi. Zat besinya juga lebih tinggi, membantu bayi usia 6 bulan ke atas yang asupan zat besinya dari ASI sudah tidak lagi mencukupi kebutuhan tubuh. Nilai energi yang dihasilkan beras merah lebih besar daripada beras putih (349 kal : 353 kal). Unsur gizi lain yang terdapat pada beras merah adalah selenium. Banyak pakar mengatakan selenium mempunyai potensi untuk mencegah penyakit kanker dan penyakit degeneratif lain.

2. Pandan wangi
Sedangkan beras organik (organic rice) varietas pandan wangi mempunyai nilai keunikan yang khas, yaitu beraroma wangi. Selain itu, varietas ini mempunyai sifat pulen dan tidak mudah basi.

3. Beras Merah Putih
Beras organik (organic rice) varietas beras merah putih bukanlah didapatkan dari hasil perkawinan beras merah dan beras putih. Tetapi warna tersebut adalah natural sebagaimana biasa berasal dari padi yang tumbuh secara normal. Beras merah putih diberi nama RI-1, yang merupakan beras yang berasal dari sekitar abad 16 silam. Merupakan beras yang unik (tiada duanya di dunia), eksotik, kaya kandungan mineral, lebih kaya vitamin, dan tekstur sangat pulen. Berdasarkan penelitian, beras RI-1 mencegah kanker, degeneratif, kesemutan, susah pencernaan, sembelit, mudah lelah, dan refleks kurang.

Nutrisi Beras Sang Dwi Warna RI-1 :
Protein : 13,2 %
Zat Besi (Fe) : 4,6 %
Zn : 8,3 %
Karbohydrat : 70,0 %
SDW RI-1 termasuk 1200 lebih varietas lokal yang telah punah yang kini, alhamdulillah, kembali di bumi Ibu Pertiwi.

sumber : agribisnis-ganesha

4 thoughts on “budidaya padi organik

  1. yuni

    beras sehat ya beras organik…

    setuju, mbak yuniati. bahkan sekarang banyak orang terkena benjolan / kanker kelenjar getah bening, dan tiba-tiba saja meninggal. banyak dokter angkat bahu, pura-pura tidak tahu menahu. disinyalir, ini akibat makan penganan GMO (genetic modified organism). itu sudah menyangkut tanaman kapas, kedelai, kentang, gandum, dan padi. kita sudah terkepung penganan berbahan baku tanaman transgenik. kok dibiarkan, yah. mungkin karena penduduk terlalu banyak…

    Reply
  2. ayudya mey

    o….aq jg setuju.
    tp sayang sekali..banyak para petani yang masih memanfaatkan pupuk kimia,bagaimana kalau mengunakan pupuk alami pasti lebih bagus…
    thanks

    Coba kunjungi blog saya yang laen, http://gasbio.wordpress.com
    Di situ saya coba kumpulkan artikel tentang pupuk organik, serta ada hubungannya dengan biogas untuk memasak (keperluan rumah tangga), serta bisa juga diubah jadi listrik dari pengalaman bapak Nyoman Sarma
    http://gasbio.wordpress.com/2008/09/09/sapi-koq-nyetrum-1/
    🙂

    Kita sebenarnya tercukupi pupuk untuk pangan, juga energi, asal tidak serakah, semua tersedia di sekeliling kita….

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s