peternak Ghana dan petani Uganda

nasib ghana
Rusaknya pasar lokal karena serbuan produk impor bersubsidi sudah terbukti di Ghana.

Pembukaan pasar ayam beku di Ghana merupakan salah satu kesepakatan antara Pemerintah Ghana dan Dana Moneter Internasional (IMF). Pasar Ghana dibanjiri ayam impor yang lebih murah dari Uni Eropa dan Amerika Serikat karena besarnya subsidi kepada peternak. Akibatnya jelas, membanjirnya ayam impor di Ghana membuat peternak yang tidak bersubsidi tidak dapat bersaing.

Pada 1992, sekitar 95 persen kebutuhan ayam di pasar Ghana dipasok peternak lokal. Hanya dalam waktu singkat, pada 2001 pasokan dari peternak lokal turun dan hanya mencapai 11 persen. Pada tahun 2002, lebih dari 27.000 ton ayam beku diimpor dari negara-negara Eropa.

korban wto
Importir ayam dikenai pajak sebesar 20 persen. Pemerintah Ghana sudah berniat menaikkan pajak impor menjadi 40 persen, tetapi terganjal oleh letter of intent (LoI) yang ditandatangani dengan IMF. Dalam LoI itu, Ghana telah berjanji tidak akan menaikkan tarif dalam jangka waktu tertentu. IMF pun beranggapan bahwa kenaikan pajak justru akan mengganggu program pengurangan jumlah orang miskin. Rentetan panjangnya, pengangguran bertambah karena industri ternak ayam di Ghana mati suri.

nasib uganda
Negara maju juga menawarkan akses pasar kepada negara berkembang. Ternyata pasar ekspor ke negara maju juga tidak terlalu mudah diraih. Contohnya, Uganda merupakan penghasil nanas yang berkualitas tinggi dan berukuran besar. Nanas merupakan salah satu produk unggulan Uganda. Namun, Uganda sulit memasuki pasar Uni Eropa karena mereka justru menginginkan ukuran nanas yang lebih kecil karena mereka terbiasa dengan nanas-nanas kecil yang dihasilkan petani Eropa.

Siapa pun tidak mau jika pasar lokalnya hancur karena serbuan produk impor seperti yang telah terjadi di Ghana.

referensi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s