NGN made in Indonesia

A. 4 tahun yang lalu, Anto Sarosa, seorang engineer senior asal Indonesia yang bekerja di jasirah Arabia memberikan masukannya tentang orientasi teknologi telekomunikasi yang mengerucut menuju penerapan NGN: Next Generation Networking…

Date: 2004-05-15 19:53:32 GMT

Kutibannya:

Pokoknya semua mau menuju Next Generation Network (NGN) yg berbasis paket dan intelligent akan bergeser dari jaringan ke paketnya sendiri. Artinya saat ini jaringan PSTN misalnya, pengendaliannya ada di sentral2 telepon, data atau suara tinggal lewat saja, sedangkan nantinya dg NGN, kepandaian ada di paket, paket data akan membawa informasi kemana tujuannya (seperti suratlah ada alamat tujuan di amplopnya dan terserah siapa yg mau bawa pokoknya sampai ditujuan). Hal ini akan memerlukan pensinyalan jaringan (signaling) yg bagus dan katanya perangkat kendalinya disebut Softswitch.

Referensinya (diarsip dengan baik oleh Syafril, engineer yang lain):
http://osdir.com/ml/region.indonesia.bandung.itb-77/2004-05/msg00102.html
http://osdir.com/ml/region.indonesia.bandung.itb-77/2004-05/msg00104.html

atau

http://article.gmane.org/gmane.org.region.indonesia.bandung.itb-77/761
http://article.gmane.org/gmane.org.region.indonesia.bandung.itb-77/763
http://article.gmane.org/gmane.org.region.indonesia.bandung.itb-77/821
http://article.gmane.org/gmane.org.region.indonesia.bandung.itb-77/846

B. Hari Rabu minggu ini, muncul artikel : NGN made in Indonesia

PT Inti Ciptakan Software Telekomunikasi Lokal

BANDUNG(SINDO) – PT Inti siap mendukung pembangunan infrastruktur industri telekomunikasi berteknologi next generation network (NGN).

Direktur Utama PT Inti Abdul Aziz menjelaskan, infrastruktur telekomunikasi nasional tergolong lengkap sehingga saatnya untuk mengembangkan konten dibanding menambah infrastruktur baru. “Karena itu, kami menciptakan i-CN yang memiliki berbagai fitur layanan bagi end customer.

Beberapa di antaranya faks, video phone, video conference, video on demand, voice mail, dan SMS. Kami dapat menggunakan percakapan video, tapi harganya jauh lebih murah dibanding 3G,” ujar Abdul di Bandung, Sabtu (3/5).

http://ringkasanberita.com/content/view/153/6/

Operator Asing Lirik Produk PT Inti

BANDUNG — Operator di empat negara melirik produk terbaru PT Industri Telekomunikasi Indonesia (INTI), I-CN (INTI Compact Next Generation Network). Keempat negara itu yakni Myanmar, Bangladesh, Kamboja, dan Hongaria-Eropa Timur. Namun produk itu sendiri tak begitu laku di dalam negeri.

“Saya sudah mengajukan ke Telkom, tapi sampai sekarang belum ada jawaban,” ujar Direktur Utama PT INTI, Abdul Azis, dalam dialog bersama Forum Diskusi Wartawan Bandung (FDWB), Selasa (8/7). Operator nasional, sambung dia, lebih menyukai produk luar negeri. Padahal produk yang dikeluarkannya mempunyai banyak kelebihan.

Azis mengatakan, jika dalam batas waktu tertentu operator nasional tidak memberikan jawaban, maka produk itu akan dijual ke luar. Namun ia tidak menyebutkan kapan batas waktunya karena khawatir disangka mengancam. Menurut Azis, platform teknologi berbasis circuit switch PT INTI pada infrastruktur jaringan dan operasi layanan telekomunikasi, secara perlahan akan bergeser ke platform berbasis protocol internet (IP). Teknologi tersebut akan mengarah ke NGN.

Secara ekonomi, pergeseran implementasi ke teknologi NGN ini mampu meningkatkan penampilan ke tingkat yang lebih efisien dan produktif untuk kepentingan investasi, operasional dan pemeliharaan. Azis mengungkapkan dari sisi fitur, I-CN mampu melayani kebutuhan suara, data, gambar dan video dalam satu paket.

Azis menjelaskan, i-CN mempunyai kelebihan yakni sangat fleksibel. I-CN mampu dipadukan dengan jaringan-jariangan PSTN, PSDN, GSM, dan CDMA. Pada level jaringan, i-CN juga dapat diintegrasikan dengan berbagai teknologi akses seperti DSL, MLAN, WiMAX, BPLC, dan GEPON.

Secara kapasitas, I-CN juga mampu dikembangkan bagi kebutuhan pelayanan dengan kapasitas dan trafik yang besar terus meningkat. Perangkat inipun telah diuji melalui field trial di Batam Bintan Telecommunications dan menunjukkan hasil yang memuaskan.

“Jika produk ini digunakan oleh salah satu operator, saya prediksi banyak operator yang gulung tikar dalam enam bulan,” cetus dia. Karena produk ini sangat menguntungkan konsumen.
(ren )

referensi:
http://www.republika.co.id/koran_detail.asp?id=340676&kat_id=89
http://article.gmane.org/gmane.org.region.indonesia.bandung.itb-77/25412
http://www.inti.co.id/id/modules/news/article.php?storyid=138
http://www.republika.co.id/koran_detail.asp?id=340676&kat_id=89

icn01 icn02

The main thing is to make history, not to write it.
Source: None

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s