Pengguna Jasa Pendidikan harus kritis

Sabtu, 09 Juni 2007

Pengguna Jasa Pendidikan Harus Bisa Bersikap Kritis
Lembaga Konsumen

Jakarta, Kompas – Seiring kian beragamnya tawaran berbagai program dan jenis pendidikan, para pengguna jasa pendidikan juga harus semakin kritis. Hal itu terutama dalam kaitan untuk mendapatkan akses pendidikan bermutu.

Berangkat dari kesadaran tersebut, sejumlah orangtua membentuk Komunitas Konsumen Pendidikan Indonesia, yang dideklarasikan di Jakarta, Jumat (8/6). “Istilah konsumen digunakan lantaran perasaan sebagai konsumen sesungguhnya sudah lama muncul pada sebagian masyarakat pengguna jasa pendidikan. Juga seiring adanya privatisasi di bidang pendidikan, yang ujungnya menjadikan pendidikan layaknya barang/jasa yang diperjualbelikan,” kata Sari Viciawati, Ketua Umum Komunitas Konsumen Pendidikan Indonesia.

Para orangtua atau pengguna jasa pendidikan, kata Sari, berhak menyuarakan aspirasinya menyangkut pendidikan yang terkait dengan masa depan anak mereka. Sayangnya, selama ini orangtua, murid, dan pengguna jasa pendidikan hanya mempunyai informasi yang minim dan posisi tawar yang rendah.

“Kami tak ingin apa yang terjadi pada sejumlah orangtua dalam kelompok ini menimpa orang lain. Terutama dalam memilih sekolah bagi anaknya,” kata Sari.

Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Husna Zahir yang hadir dalam deklarasi itu mengatakan, pembentukan komunitas semacam ini sangat penting, mengingat pendidikan merupakan hak dasar warga negara yang belum sepenuhnya dipenuhi oleh negara. Pendidikan secara umum juga belum mendapatkan banyak perhatian.

Di tengah kondisi dunia pendidikan yang masih carut-marut, anggota masyarakat juga punya tanggung jawab dan harus berperan. Pembentukan komunitas tersebut merupakan bagian dari peran masyarakat. (INE)

http://www.kompas.co.id/kompas-cetak/0706/09/humaniora/3588445.htm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s