TNI AL Libatkan Asing Angkat Kotak Hitam Adam Air

AUV Autonomous Underwater Vehicle (kapal selam tanpa awak)
Sabtu, 27 Januari 2007 00:30 WIB

JAKARTA–MIOL: Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) kemungkinan akan melibatkan angkatan laut negara lain, untuk mengangkat kotak hitam pesawat Adam Air yang dideteksi berada di perairan Majene, Sulawesi Barat (Sulbar).

“Saya akan mencoba meminta bantuan kepada angkatan laut yang memiliki teknologi memadai untuk mengangkat kotak hitam Adam Air,” kata Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana Slamet Soebijanto di Jakarta, Jumat (26/1).

Ditemui usai menutup Rapat Pimpinan (Rapim) TNI AL 2007, ia mengatakan, TNI AL tidak memiliki perangkat yang memadai untuk membantu mengangkat kotak hitam pesawat Adam Air nomor penerbangan KI-574 yang hilang bersama penumpangnya sejak 1 Januari lalu itu.

Dijelaskannya, penyelaman tidak mungkin dilakukan hingga kedalaman 1.200 meter sampai 2.000 meter.

“Diperlukan peralatan khusus yang memadai, karena setiap kedalaman 10 meter terjadi tambahan tekanan satu atmosfir, bayangkan jika kedalam 1.800 hingga 2.000 meter,” ujar Slamet.

Yang bisa dilakukan adalah menggunakan kapal selam mini berawak, yang telah banyak dimiliki negara-negara maju seperti Amerika Serikat (AS) dan Jepang.

“Karena itu, saya akan coba mengomunikasikannya dengan angkatan laut mancanegara untuk bisa membantu. Tetapi ini juga memerlukan keputusan pemerintah,” katanya.

Sebelumnya, Dubes AS telah melaporkan penemuan lokasi kotak hitam Adam Air yang berada di dasar laut sedalam 1.800 m hingga 2.000 m di wilayah Majene.

Namun, untuk pengambilan kotak hitam tersebut diperlukan biaya yang tidak sedikit karena dalamnya laut.(Ant/OL-01)

http://www.media-indonesia.com/berita.asp?id=123146

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s